Waspada Gelombang 3 Covid!

Saat jumlah kasus dan kematian menjadi sangat tinggi, saat itulah disebut gelombang pada pandemi. Kini di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, setelah sekitar 10 minggu mengalami penurunan, jumlah kasus covid 19 perlahan mengalami peningkatan. Dan WHO sudah mewanti-wanti bahwa kita semua mungkin sudah berada di tahap awal gelombang 3 dari pandemi ini.

Meskipun kita telah menerapkan protocol kesehatan, nyatanya, berapa banyak orang-orang di sekitar kita yang saat ini malah semakin santai dalam menghadapi covid?

Selain itu, virus covid, seperti influenza, sangat mudah bermutasi, saat ini saja sudah ada varian delta (δ), lambda (λ), dan mu (μ) . Jika virus mudah bermutasi seperti ini, virus akan relatif lebih mudah menyebar. Karena melalui mutasi, virus mencari cara untuk bisa bertahan hidup dan bereplikasi dengan lebih gencar lagi.

Mirip Pandemi Influenza

Tidak hanya sifat virusnya yang mirip karena sama-sama mudah bermutasi, kondisi munculnya gelombang 3 covid ini terlihat mirip seperti pandemi influenza. Menurut jurnal a history of influenza, dunia ini telah mengalami 6 kali pandemi influenza. Yang paling baru adalah di tahun 2009, yaitu saat pandemic ‘Flu Babi. Sedangkan yang paling banyak memakan korban jiwa adalah pada saat pandemi ‘Flu Spanyol’ dengan jumlah korban mencapai 50 hingga 100 juta jiwa selama dua tahun. Keseluruh pandemic influenza ini memiliki karakterisktik sama : menyerang dalam tiga gelombang sebelum akhirnya pandemi berakhir.

Cegah Gelombang 3 Covid

Betul. Kabar baiknya, gelombang ketiga ini bisa kita cegah! Caranya mudah: Tetap terapkan protokol Kesehatan dan segera dapatkan vaksinasi Anda!

Vaksinasi membantu mengurangi penularan covid-19 dan disaat yang sama, jika kita sudah divaksin, gejala yang timbul karena terpapar, tidak akan berat.

Jika Anda telah divaksin, terima kasih, dan jangan lupa dapatkan suntikan kedua dan booster Anda.

Jika Anda belum divaksin, segera vaksinasi sekarang juga. Saat ini pemerintah sudah semakin memudahkan akses kita dalam mendapatkan vaksinasi covid 19. Salah satunya mendaftar melalui situs pedulilindungi, atau kunjungi klinik vaksinasi atau instansi kesehatan lainnya yang menyediakan layanan vaksinasi sehingga Anda bisa mendapatkan support dari pendaftaran hingga tindakan selesai.

Author Info

Klinik

No Comments

Post a Comment

12 + 3 =