VTL Membuat Travel ke Negara Satu Ini Jadi Gak Perlu Karantina loh!

VTL merupakan singkatan dari Vaccinated Travel Line. Ini adalah sistem yang memang didesain supaya para turis mampu berkunjung tanpa perlu karantina. Sejak pandemi merebak 2 tahun silam, aturan travel menjadi semakin ketat. Bukan tanpa alasan, namun berbagai langkah dilakukan memang untuk membatasi penyebaran virus Covid-19. Untuk perjalanan domestik, biasanya kita diharuskan untuk melakukan tes PCR dengan hasil keluar dibawah 24 jam dari waktu keberangkatan.
Kini saat vaksinasi sudah digalakan, vaksinasi menjadi syarat keberangkatan. Untuk perjalanan antar negara, umumnya meski hasil tes PCR telah terbukti negative dan sudah terbukti mendapatkan vaksinasi, karantina masih tetap dilakukan selama beberapa hari.

Namun kini, salah satu negara terdekat kita menyediakan jalur perjalanan khusus pelancong. Berwisata melalui jalur ini tidak mengharuskan kita untuk mengalami karantina, sehingga bisa menggunakan waktu yang ada untuk berlibur secara efisien. Jalur tersebut diberi nama Vaccinated Travel Line (VTL). Negara tersebut adalah Singapura.

Vaccinated Travel Line : Khusus Bagi Anda yang Sudah Divaksin

Sebelumnya turis Indonesia memang telah diperbolehkan untuk masuk ke Singapura sejak tanggal 29 November 2021 (VTL Air). Namun mulai tanggal 25 February 2022 silam, Singapura membuka jalur baru bernama VTL Land/Sea. Jalur baru ini memberikan opsi baru bagi para turis untuk mengunjungi Singapura. VTL Land/Sea ini memungkinkan turis dari Indonesia untuk berkunjung ke Singapura melalui pulau Batam dan Bintan dengan menggunakan kapal ferry.

Sesuai namanya, jalur tanpa karantina ini hanya bisa dinikmati jika Anda telah divaksin Covid 19 secara lengkap / penuh. Tentu, vaksin covid19 yang digunakan adalah yang telah diakui WHO, dan sudah diberikan kepada masyarakat Indonesia seperti Sinovac, Sinopharm, Moderna, AstraZeneca, dan Pfizer. Setelah melengkapi vaksinasi Covid 19, yang harus kita perhatikan adalah tanggal keberangkatan. Menurut situs VTL (Sea) Checklist for Travel to Singapore (ica.gov.sg) milik pemerintah Singapura, kita harus apply untuk mengunjungi Singapura dalam kurun waktu 3 sampai 60 hari dari sebelum waktu keberangkatan. Selain vaksinasi yang sudah lengkap, tentunya masih dibutuhkan tes PCR setidaknya 2 hari sebelum waktu kedatangan.

Author Info

Klinik

No Comments

Post a Comment

5 × 2 =