Vaksin anak sekolah

Vaksinasi Anak Sekolah : Tunggu Apa Lagi?

Vaksinasi anak sekolah (vaksin covid) untuk anak usia 6-11 kini sudah diperbolehkan oleh BPOM. Ini adalah kabar gembira bagi kita semua karena artinya, vaksinasi covid sudah dapat menjangkau lebih banyak segmen dan herd immunity bisa kita raih dengan lebih cepat. Kita patut bersyukur karena dengan semakin majunya ilmu pengetahuan, kita bisa menikmati proses riset vaksinasi dengan begitu cepatnya. Jika dilihat ke belakang, belum ada 1 tahun semenjak Indonesia mengedarkan vaksinasi covid batch pertama untuk para nakes, lalu proses berlanjut dengan pemberian vaksinasi bagi lansia, vaksin gotong royong bagi tenaga kerja, hingga vaksinasi mandiri bagi orang dewasa dan remaja menjelang dilakukannya PTM (Pembelajaran Tatap Muka) beberapa waktu silam. Vaksin yang telah disetujui oleh BPOM untuk diberikan kepada anak usia 6-11 tahun tersebut adalah vaksin Sinovac. Namun begitu, menkes menegaskan tidak ingin terburu-buru memberikan vaksinasi bagi segmen usia tersebut.

Pertimbangan Menkes Mengenai Vaksinasi Anak Sekolah

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa meskipun BPOM sudah mengizinkan pemberian Sinovac terhadap anak usia 6-11, alternatif vaksinasi lain masih dipertimbangkan. Saat ini beberapa merk vaksin covid beredar di Indonesia yang masing-masing memiliki perbedaan yang mencolok terutama pada efek simpang yang diberikan. dan menurut menkes hal inilah yang menjadi pertimbangan. Beliau menekankan bahwa pihak menkes ingin memastikan alternatif-aternatif vaksinasi covid lain dan memilih merk vaksin dengan dampak efek simpang yang paling ringan bagi anak-anak tersebut, sebelum mencanangkan program khusus vaksinasi bagi anak sekolah. Saat ini pihak kemenkes dilaporkan masih memusatkan fokus utama-nya untuk memaksimalkan vaksinasi bagi lansia karena menurut data yang ada, kelompok umur inilah yang paling rentan dalam menghadapi serangan covid.

Pesan IDAI

IDAI berpesan kepada para orang tua untuk menyambut baik kabar gembira ini, dan segera membawa anak-anak mereka kapanpun program vaksinasi covid bagi anak sekolah ini tersedia. dr. Piprim Basarah Yanuarso, Ketua IDAI, menekankan bahwa vaksinasi covid ini penting diberikan bagi anak. Karena meskipun tingkat kematian anak karena covid di Indonesia terbilang rendah, namun anak-anak juga berpotensi menjadi OTG (Orang Tanpa Gejala) dan menularkan virusnya kepada Kakek-Nenek atau bahkan anggota keluarga lain yang memiliki komorbid.

Author Info

Klinik

No Comments

Post a Comment

10 − 8 =