Vaksin Flu

Vaksin Flu: “Sudah Vaksin Covid-19, Masih Perlukah?”

Apakah vaksin flu masih diperlukan setelah sudah mendapatkan vaksinasi covid? Jawaban singkatnya : Ya!

Ini karena covid dan influenza, meski sama-sama menyerang system pernapasan, keduanya disebabkan oleh virus yang berbeda. Vaksin membekali sel memori dalam tubuh kita informasi untuk melawan jenis vaksin tertentu saja. Misalnya, vaksin covid hanya memberikan informasi mengenai virus covid saja. Ini memungkinkan sel memori pada system imun kita mengenali virus covid jika virus tersebut mencoba masuk dan menjangkit tubuh kita.

Sel memori sangatlah cerdas. Masih ingat jika kita terkena cacar saat masih kecil maka kita akan memiliki kekebalan terhadap cacar hingga dewasa? Itu adalah efek dari sel memori yang berhasil mengenali virus cacar saat kita terjangkit dan melindungi kita. Meski begitu, untuk memperkuat sel memori dalam system imun kita, dianjurkan untuk tetap melakukan vaksinasi meski sudah terkena penyakit tertentu. Seperti yang terjadi pada penyintas covid 19.  

Saat terinfeksi virus covid dan selesai karantina mandiri, sel memori kita dapat mengingat virus covid. Namun untuk semakin memperkuat imunitas yang terbentuk, vaksin covid masih dibutuhkan oleh sel memori kita. Inilah mengapa penyintas covid masih bisa menunggu selama 1 – 3 bulan sebelum diperbolehkan mendapatkan vaksin covid. Lalu bagaimana dengan vaksin influenza?

Vaksin Covid tidak sama dengan Vaksin Flu, Tapi…

Influenza dan Covid disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. Karenanya, informasi yang dibutuhkan oleh sel memori dalam membentuk kekebalan pun berbeda. Oleh karena itu vaksin yang berbeda pun dibutuhkan untuk mendapatkan perlindungan dari kedua penyakit tersebut.

Meski begitu, keduanya memiliki keterkaitan. Infeksi influenza dan covid bisa terjadi bersamaan dan mengakibatkan kondisi yang dinamakan coinfection (infeksi dua kuman/bakteri/virus di saat yang bersamaan). Karena covid dan influenza sama-sama menular melalui droplet dari orang yang terjangkit (melalui bersin, batuk, dan bahkan saat berbicara), maka sangat mudah bagi keduanya untuk menjangkit seseorang pada saat yang sama.  

Mengingat bahwa sebentar lagi kita memasuki musim hujan, sekarang adalah saat yang tepat bagi kita  untuk mendapatkan vaksinasi influenza.

Author Info

Klinik

No Comments

Post a Comment

seven + 8 =