syarat naik pesawat illustration

Syarat Naik Pesawat : Vaksin Covid-19

Syarat naik pesawat kini berubah karena kondisi pandemi. Berkat PPKM yang dicanangkan sebagai respons dalam menghadapi situasi pandemi, cara kita dalam melakukan berbagai hal pun ikut terkena dampaknya. Salah satu sektor yang merasakan dampak terbesar adalah sektor turisme. Mulai dari travel hingga kuliner, segala hal yang berkaitan langsung dengan turisme mengalami stagnansi selama masa pandemi melanda. Namun situasi ini mampu berangsur membaik berkat kerjasama kita semua yang disiplin menerapkan prokes 5M. Ditambah lagi vaksinasi covid 19 yang programnya mulai berjalan sejak awal 2021 di Indonesia, kini sektor turisme yang sebelumnya terkendala, pelan-pelan mampu mulai beroperasi kembali dengan efektif tentunya masih dengan regulasi yang ditetapkan.

Tidak Perlu Aplikasi Pedulilindungi

                Hingga beberapa bulan lalu, aplikasi pedulilindungi mungkin masih diperlukan bagi Anda yang ingin menaiki pesawat atau kereta ke luar kota. Namun kini pemerintah memberi kemudahan. Dikabarkan melalui situs kemenkes(link ke kemenkes.go.id) , saat ini Anda tidak lagi perlu menginstall aplikasi pedulilindungi di handphone Anda.

Chief Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji menyampaikan bahwa saat ini pihak kemenkes telah bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket, Dana, Cinema XXI, Link Aja, termasuk aplikasi dari Pemerintah Jakarta, Jaki. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur-fitur yang terdapat pada PeduliLindungi dalam aplikasi-aplikasi tersebut. Harapannya adalah agar pedulilindungi bisa diakses dengan lebih mudah bagi setiap orang, termasuk masyarakat yang tidak memiliki ponsel canggih.

Menurut Setiaji dengan adanya perubahan ini, status hasil swab PCR, Antigen, serta sertifikat vaksin dapat diidentifikasi melalui NIK KTP saat membeli tiket.  Setiaji mengutarakan bahwa perubahan ini akan efektif mulai dari Oktober 2021.  

Syarat Naik Pesawat Oktober 2021

Meskipun Anda telah mendapatkan vaksinasi covid, Anda masih tetap harus menunjukan hasil tes antigen atau PCR. Dilansir dari berbagai sumber, Inilah beberapa syarat penerbangan yang sedang atau akan segera berlaku di bulan Oktober 2021 :

1. Penerbangan Jawa-Bali

Untuk penerbangan wilayah Jawa & Bali, termasuk perjalanan antar kabupaten/ kota, jika Anda telah menerima vaksinasi covid dosis kedua, maka Anda dapat menunjukkan hasil negatif Antigen yang diambil pada H-1 keberangkatan.
Sedangkan bagi Anda yang baru mendapatkan dosis pertama maka Anda wajib menunjukkan hasil tes PCR negatif yang dilakukan paling lambat pada H-2 keberangkatan.

2. Penerbangan Dari/Menuju Luar Jawa-Bali

Untuk Anda yang hendak bepergian dari/ke wilayah Jawa & Bali, Anda diwajibkan untuk telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Selain itu, Anda harus menunjukkan bukti hasil tes PCR (H-2 sebelum keberangkatan) atau antigen (H-1 sebelum keberangkatan).

3. Penerbangan Internasional

Setiap negara memiliki peraturan dan protokol kesehatan masing-masing. Beberapa negara mengharuskan Anda untuk menjalani masa karantina dulu sesaat setelah kedatangan; Beberapa negara lainnya tidak. Masa karantina bervariasi dari 7 hingga 14 hari tergantung dari negara yang akan Anda kunjungi. Beberapa negara (Termasuk Indonesia, lebih tepatnya di Bali) bahkan memberikan vaksin covid-19 bagi turis yang datang berkunjung.

Selain itu, penerbangan mancanegara masih sangat terbatas. Pemerintah RI hanya mengizinkan penerbangan internasional untuk dilakukan melalui beberapa bandara :

  • Bandara Udara Soekarno-Hatta, Tangerang;
  • Bandara Sam Ratulangi, Manado;
  • Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Bepergian jauh ataupun dekat, vaksinasi Covid 19 sebanyak 2 dosis sudah wajib Anda dapatkan. Ini semua demi supaya Anda mendapatkan perlindungan maksimal dari Covid 19, sehingga apapun kegiatan Anda, Anda bisa lebih tenang karena sudah memiliki proteksi dari dalam. Tetap patuhi protokol kesehatan, jangan lengah, dan segera lengkapi vaksin covid 19 Anda.

Author Info

Klinik

No Comments

Post a Comment

2 × three =