Vaksin gotong royong - vaksin influenza direkomendasikan WHO sambil menunggu giliran mendapat vaksinasi Covid

Sebelum Vaksin Gotong Royong, Vaksin Influenza Dulu Dong!

Kenapa Saya Belum Mendapat Vaksin Covid-19 dari Vaksin Gotong Royong?

Program Vaksin Gotong Royong sudah dimulai sejak awal mei 2021. Tentunya ini merupakan kabar baik bagi kita semua karena vaksin covid yang sebelumnya hanya diberikan untuk tenaga medis, tenaga pendukung instansi kesehatan, dan lansia, kini mampu menjangkau lebih banyak masyarakat.

Dilaporkan bahwa saat ini Kimia Farma telah menanda tangani kontrak untuk pengadaan 7,5 juta dosis vaksin covid 19 dari Sinopharm. Seluruh dosis vaksin tersebut disediakan untuk program vaksin gotong royong.

Namun ada sedikit kendala. Distribusi vaksin harus dilakukan dengan baik dan benar untuk menjaga kualitas vaksin. Salah satu kondisi yang harus dijaga dengan ketat adalah penyimpanan vasin dalam rantai dingin (cold chain). Jika vaksin disimpan dalam suhu lebih atau kurang dari 2° – 8° celcius dalam jangka waktu tertentu, vaksin bisa rusak dan akibatnya tidak ada efek kekebalan yang akan timbul; mubazir.

Pengadaan cold chain untuk vaksin ini masih relatif terbatas di Indonesia. Karenanya, distribusi vaksin yang dilakukan pun masih harus diberikan secara bertahap. Tidak langsung seluruh 7,5 juta dosis masuk dan langsung dapat diberikan kepada semua karyawan yang telah terdaftar pada program Vaksin Gotong Royong. Saat ini puluhan atau bahkan ratusan ribu vaksin tersebut sudah didistribusikan. Namun kapan giliran Anda mendapatkan vaksinasi tersebut? Semuanya tergantung dari antrean dan kecepatan distribusi vaksin-vaksin tersebut. Bisa dalam hitungan minggu, atau bahkan dalam hitungan bulan.

Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dalam program Vaksinasi Gotong Royong dengan Klinik Vaksinasi inHarmony melalui link ini :

Https://bit.ly/VaksinGotongRoyong

Vaksin Influenza – Direkomendasikan Sebelum Vaksin Gotong Royong Tiba

 Vaksin Influenza – Mengurangi Potensi Super-infection

Pentingnya vaksinasi Influenza selama pandemi  covid disampaikan secara khusus oleh WHO dalam satu bagian di laman bertajuk pandemic guidance.

Vaksinasi influenza seharusnya memang kita dapatkan 1 tahun sekali. Bagi Anda yang belum mendapatkan vaksin influenza dalam setahun kebelakang, sekarang adalah saat yang tepat.

Pasalnya, virus influenza mampu menginfeksi tubuh manusia dalam waktu yang sama dengan virus covid-19. Kondisi ini disebut Super-infection, atau adanya 2 virus berbeda yang menginfeksi 1 tubuh dalam waktu yang bersamaan. Kondisi ini mengakibatkan tingkat keparahan Influenza maupun covid yang lebih tinggi karena gejala dari kedua penyakit akan muncul di saat yang bersamaan; tentunya ini adalah pengalaman yang tidak ingin kita alami.  

Ditengah kondisi pekerjaan yang berangsu-angsur sudah mulai aktif, kita tidak ingin influenza mengganggu produktivitas kita kan?

Influenza & Produktivitas

Seberapa sering Anda terkena Influenza dalam 1 tahun?

Meski sering dianggap sebagai penyakit yang sepele, kenyatannya influenza sangatlah merugikan!

  • Membuat kita tertinggal karena tidak masuk kantor
  • Masuk kerja, namun tidak produktif karena sakit
  • Meningkatkan medical cost
  • Jika terjadi komplikasi serius atau juga Super-infection dengan covid-19, memerlukan waktu yang lebih lama lagi untuk pulih

Selain itu, jika masuk kerja saat kebetulan sedang terjangkit virus influenza, tentunya berpotensi menularkan kepada orang lain. Influenza dan covid sama-sama menular melalui droplet yang menyebar melalui bersin, batuk, atau bahkan dari bicaranya orang yang tertular. Selengkapnya bisa Anda temukan dalam video berikut ini

Efek Vaksin Influenza

Vaksin influenza dapat mengurangi kemungkinan kita tertular dari infeksi virus influenza. Seandainya pun kita terkena infeksi virus influenza, maka tingkat keparahannya akan berkurang.

Vaksin influenza membutuhkan waktu 2 minggu untuk mencapai kekebalan maksimal dari setelah disuntik.  

Jika kita memiliki keluarga beresiko tinggi seperti lansia atau anak-anak, dengan mendapatkan vaksin influenza, secara tidak langsung kita ikut melindungi mereka. Karena virus influenza tidak akan dapat dengan mudah menjangkau mereka melalui diri kita.

Efek samping yang timbul setelah disuntik biasanya meliputi sakit di area penyuntikan, pusing, demam, dan pegal-pegal. Namun tidak usah khawatir, karena efek samping ini umumnya ringan dan akan segera hilang dengan sendirinya.

Dapatkan Vaksin Influenza di Klinik inHarmony

Klinik vaksinasi inHarmony adalah klinik vaksinasi pertama di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2011, kami sudah melayani lebih dari ribuan pasien, termasuk diantara klien-klien korporasi yang hingga kini masih rutin mempercayakan vaksinasi influenza tahunannya bersama kami.  

Hubungi kami melalui representative inHarmony, Indira melalui cara-cara berikut ini:

Whatsapp : http://bit.ly/IndiraVaksin

Telepon : 021-4220214 / 021-4248790

Atau kunjungi klinik kami untuk konsultasi vaksinasi secara langsung :

https://g.page/Klinikvaksinasi

Author Info

Klinik

No Comments

Post a Comment

13 − one =