Kipi kamu harus tahu

KIPI & Reaksi Simpang – Kamu Harus Tahu!

Seiring dengan berlangsungnya pandemi Covid 19, makin tinggi juga minat masyarakat untuk mengetahui segala hal tentang vaksin. Vaksin, bersama dengan cuci tangan menggunakan sabun dan menggunakan masker, merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah dari tertularnya virus covid. Namun seperti yang kita ketahui, vaksin untuk covid baru selesai riset dan beredar luas di kuartal awal tahun 2021 ini.

Sambil menunggu giliran mendapatkan vaksinasi Covid, masyarakat semakin penasaran kepada vaksinasi dan menjadi familiar dengan istilah-istilah yang sebelumnya mungkin masih asing didengar, seperti pandemi, endemi, herd immunity, serta kipi dan reaksi simpang. Demi menyediakan informasi vaksin covid yang tepat bagi masyarakat, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengelola akun instagram khusus. akun instagram bertajuk Advokasi Vaksinasi PB IDI tersebut dapat kita temukan melalui link berikut ini @vaksinasicovid19_idi .

Pada instagram tersebut, kita dapat mempelajari banyak hal mengenai vaksin covid 19. Salah satu topik vaksin covid 19 yang mungkin sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat adalah mengenai KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Ini berkaitan dengan munculnya vaksin-vaksin covid baru yang masuk ke Indonesia seperti vaksin Aztra Zeneca dan Pfizer yang banyak orang katakan memiliki KIPI yang lebih kuat dibanding dengan vaksin-vaksin covid sebelumnya. Namun KIPI itu apa sih? Mari kita simak penjelasan dari Prof. DR. Dr. Hinky Hindra Irawan Satari, Sp.A (K), M. TropPaed yang akrab dipanggil Prof Hingky pada video di bawah ini.

Dari penjelasan prof Hingky, setidaknya ada 2 hal yang bisa kita lihat berkaitan dengan KIPI :

1. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi / KIPI belum tentu disebabkan oleh imunisasi itu sendiri. Artinya, jika kita pernah mendengar KIPI kondisi ekstrim seperti misalnya setelah vaksin menyebabkan kemandulan atau bahkan kematian, hal-hal tersebut harus dilaporkan kepada komnas KIPI dan dilakukan investigasi menyeluruh. Karena sangat mungkin kondisi-kondisi tersebut disebabkan oleh faktor lain, bukan oleh imunisasi atau vaksinasi

2. Sedangkan jika sebuah KIPI dibuktikan memiliki hubungan kausal yang kuat dengan imunisasi yang didapat oleh seorang pasien, maka kondisi itu disebut sebagai Rekasi Simpang. Reaksi Simpang ini sudah diprediksi akan didapat oleh pasien setelah imunisasi karena reaksi-reaksi tersebut timbul dan sudah dicatat pada saat proses ujicoba pra edar. tentunya jika sebuah vaksin memiliki reaksi simpang terlalu berat, maka vaksin tersebut tidak akan mendapatkan izin untuk diedarkan.

Demikian informasi mengenai KIPI dan Reaksi Simpang, semoga bermanfaat!

Author Info

Klinik

No Comments

Post a Comment

8 + eight =