Kenali dan Cegah Varian Omicron

Varian Omicron, varian baru virus covid 19, menghebohkan seluruh dunia. Varian ini pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan, namun Joe Phaahla, Menteri Kesehatan Afrika Selatan, masih belum yakin darimana sebenarnya varian ini pertama muncul. Meski begitu, dikabarkan bahwa saat ini kasus varian Omicron di negara tersebut telah menyentuh lebih dari 2800 kasus dalam 2 minggu terakhir. Angka ini menunjukan bahwa penyebaran varian baru virus covid ini sangatlah cepat. Selain kecepatan penyebaran, ada hal lainnya yang patut kita waspadai dengan munculnya varian baru ini, apa saja?

Ada Kemungkinan Bermutasi lagi

Virus apapun, termasuk covid, memiliki kemampuan untuk bermutasi. Kemampuan bermutasi tiap virus berbeda-beda. ada yang susah bermutasi, ada juga yang mudah. Seperti yang kita ketahui, covid adalah salah satu virus yang paling mudah bermutasi. Saat ini kita sudah tahu setidaknya ada 3 varian dari virus covid yaitu Delta, Delta plus, dan yang paling baru adalah Omicron. Jadi kita harus tetap waspada karena bisa jadi setelah omicron, vaksin covid masih akan bermutasi dan varian lain akan muncul.

Vaksinasi Adalah Kewajiban

Kasus Omicron terbanyak saat ini terdapat di Afrika Selatan. Dalam 2 minggu saja, sudah diidentifikasi ada lebih dari 2000 pasien yang terjangkit varian baru ini. mayoritasnya adalah masyarakat usia 20 hingga akhir 30. Kabarnya, kebanyakan dari orang yang terjangkit tersebut belum divaksinasi karena baru 40% masyarakat dewasa di negara tersebut yang telah mendapat vaksin covid.

Keganasan Varian Omicron Belum Diketahui

Tingkat virulensi atau keganasan dari Omicron masih belum jelas. Karena mutasinya masih baru dan jumlah kasusnya masih terbatas. Tapi ada kemungkinan virus ini memiliki kemampuan penyebaran yang sangat cepat. Saat ini saja dikabarkan bahwa varian ini sudah ada di beberapa negara seperti Botswana, Jepang, Belanda, dan Inggris.

Melihat situasi yang masih berbahaya seperti ini, kita tidak boleh lengah. Protokol kesehatan masih harus kita jaga ketat. Jangan sampai varian Omicron atau varian-varian Covid lainnya muncul sebagai gelombang ketiga. Segera vaksinasi apapun. Tidak hanya vaksin covid, namun juga vaksin pneumonia, influenza, bahkan HPV, segerakan selagi ada kesempatan. Jangan tunggu wabah, jangan tunggu ramai, jangan tunggu terlambat.

Author Info

Klinik

No Comments

Post a Comment

4 + 6 =