Hari Kesehatan Nasional

Hari Kesehatan Nasional – Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku

Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Menurut kemenkes, HKN pertama kali diperingati pada tahun 1964 dalam rangka memperingati keberhasilan pemerintah dalam memberantas malaria.

Pada tahun sepanjang dekade 1950 an, malaria menelan ratusan ribu korban jiwa di Indonesia. Untuk menanggulangi malaria, pemerintah membentuk dinas khusus pada tahun 1959. Dinas khusus tersebut diberi nama Dinas Pembasmian Malaria. Pada saat itu pemerintah mencanangkan program penyemprotan insektisida DDT massal ke ke rumah-rumah di wilayah pulau jawa, bali, dan lampung.  Program dimulai dengan penyemprotan simbolis yang dilakukan oleh Presiden Sukarno pada tanggal 12 November 1959.

Lima tahun setelah program dilaksanakan, jutaan warga telah terlindungi dari malaria dan jumlah korban malaria berkurang drastis. Keberhasilan pemerintah yang diinisiasi pada tanggal 12 November inilah yang akhirnya diperingati sebagai HKN yang kita kenal hingga sekarang.

Situasi Serupa

Dari kasus pertama covid di awal tahun 2020 hingga saat ini, telah banyak yang kita alami dan bersama-sama berusaha bertahan dari serangan pandemi. Dari saat sebelum vaksin covid berhasil dibuat dan masuk ke Indonesia, semangat kebersamaan dan saling melindungi kita tunjukan dengan mempertahankan protokol kesehatan yang dicanangkan oleh pemerintah.

Jika secara sekilas kita lihat, kondisi pemberantasan malaria ini cukup memiliki kemiripan dengan penanganan Covid yang sedang kita hadapi sekarang ini. Bahkan dilihat dari skala kasus dan penanganannya, kita patut berbangga karena dalam waktu yang singkat kita telah mencapai angka cakupan vaksinasi yang cukup tinggi.

Hari Kesehatan Nasional – Sudah Mendekati Herd Immunity?

Apakah capaian vaksinasi Indonesia telah mendekati herd immunity?

Hari Kesehatan Nasional 2021 - cakupan vaksinasi covid-19 di Indonesia November

Dalam situs vaksin.kemkes.go.id, per tanggal 9 November 2021, sebanyak 61,46% masyarakat Indonesia telah mendapatkan vaksin covid dosis pertama, dan sekitar lebih dari separuh jumlah tersebut telah mendapat dosis vaksin kedua.

Lalu apakah ini sudah termasuk mencapai herd immunity?

herd immunity atau kekebalan kelompok disebut telah tercapai jika telah cukup banyak anggota masyarakat yang memiliki kekebalan terhadap sebuah penyakit baik karena sudah pernah terkena penyakitnya, ataupun telah mendapatkan vaksinnya. Jika telah tercapai, maka akan sangat sulit bagi suatu penyakit untuk menular dari satu orang ke orang lainnya. pada kondisi ini, secara tidak langsung, kita ikut melindungi mereka yang belum bisa mendapat vaksinnya, seperti misalnya kelompok usia tertentu atau orang-orang yang memiliki alergi terhadap vaksinnya

Menurut situs resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sampai saat ini masih dipelajari seberapa banyak orang harus telah divaksin untuk dianggap bahwa sebuah masyarakat telah mencapai herd immunity dan teproteksi dari covid 19.

Author Info

Klinik

No Comments

Post a Comment

4 × four =