Hari Anak Sedunia 2021 : Masa Depan yang Lebih Baik untuk Semua Anak

Hari Anak Sedunia diperingati setiap tahunnya di tanggal 20 November. Perayaan ini diselenggarakan untuk mengingat dicanangkannya the Declaration of the Rights of the Child (Deklarasi Hak-Hak Anak) oleh Majelis Umum PBB pada 20 November 1959. Setiap tahun, hari anak mengusung tema yang berbeda-beda. Tema pada tahun 2020 adalah “Investing in our future means investing in our children” sedangkan tema pada tahun ini adalah “ A Better Future For Every Child”. Melalui situsnya, PBB mengajak kita semua untuk ikut merayakan hari anak sedunia demi mengadvokasi hak-hak anak.

Vaksinasi adalah Hak Anak-Anak Kita

Vaksinasi juga adalah hak dari anak-anak kita. Hal ini diamini oleh negara dengan digalakannya program-program pro vaksinasi sejak lama. Pemerintah telah menggratiskan berbagai imunisasi bagi bayi bersamaan dengan diberikannya suplemen-suplemen penting lainnya melalui puskesmas : Suplemen vitamin A, Vaksinasi Polio, Hepatitis B, BCG, DPT, serta vaksin MR.

Selain itu, dikabarkan bahwa ke depannya pemerintah akan menyediakan lebih banyak lagi vaksin gratis bagi anak-anak kita. Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa memasuki tahun 2022, vaksin  anak dari program pemerintah akan ditambah dengan vaksinasi PCV, HPV, dan Rotavirus.

Namun tentunya, vaksin terbatu yang saat ini sudah boleh anak-anak kita dapatkan adalah vaksinasi covid. Menurut pernyataan BPOM dan rekomendasi IDAI, vaksinasi covid -19 kini sudah boleh diberikan kepada anak usia 6-11 tahun. Kita patut bersyukur karena artinya anak-anak kita sudah dapat terlindung dengan baik dari pandemi covid 19. Hal ini sesuai dengan rencana pemerintah untuk kembali menggalakan PTM demi pendidikan anak-anak kita.

Hari Anak Sedunia : Pilihan Ada di Tangan Kita

Pemerintah telah mendukung kita untuk memberikan perlindungan terbaik bagi anak melalui berbagai program. Namun masih banyak orang tua yang ragu untuk memvaksinasi anak-anaknya. Beberapa alasan diantaranya adalah adanya ketakutan bahwa vaksinasi mengandung microchip serta merupakan bagian dari agenda politik ataupun konspirasi pihak-pihak tertentu. Hal-hal tersebut adalah alasan yang tidak berdasar dan merugikan. Vaksinasi dibuat dan diteliti oleh para ahli untuk melindungi manusia dari penyakit-penyakit yang bisa menular. Sejarah, catatan penelitian, jurnal, semua tercatat dan sudah terbukti keberhasilannya, Bahkan vaksinasi pun tidak asal beredar, semuanya melalui uji klinis yang sangat intensif dan terukur sebelum mendapatkan izin beredar. Pilihan selalu ada di tangan kita untuk memilih mana yang terbaik untuk keluarga. Selamat hari anak sedunia!

Author Info

Klinik

No Comments

Post a Comment

1 + 18 =